Selasa, 22 Desember 2015

JOHN WANSBROUGH

A. Latar Belakang
Al-Qur’an bagaikan matahari yang menyinari teriknya siang, bagaikan rembulan yang menyinari gelapnya malam, dan udara yang memberikan kehidupan bagi seluruh Alam. Keindahan al-Qur’an merupakan anugrah dari Allah dan manfaatnya sangat luar biasa tidak terbatas oleh ruang dan waktu, dari dulu sampai sekarang.
Tradisi kesarjanaan orientalis Barat mengambil pijakan dasar bahwa al-Qur’an memiliki historisitas yang tidak mungkin dikesampingkan. Historisitas transmisi yang menghantarkan al-Quran pada umat sekarang niscaya dilakukan, termasuk juga content al-Quran itu sendiri. Di atas semua itu, final destinantion dari kesemua rangkaian transmisi terseebut hanya sampai pada Muh}ammad dan para sahabatnya. Ini berarti bahwa Muh}ammad merupakan the only source of al-Qur’an. Kesimpulan bahwa al-Quran adalah “word of Muh}ammad” bukanlah hal mengejutkan dari tradisi oreientalisme Barat.
Dalam dunia Muslim pun tak ketinggalan menghendaki statemen serupa, misalnya Wansbrough, dengan tesis mengenai “triadik” keislaman (baca: Muh}ammad, Islam, dan al-Qura>n) dalam Qur’anic Studies : Sources and Methods of Scriptual Interpretation, termasuk kategori pertama (historisisme). Wansbrough berkesimpulan bahwa kenabian Muh}ammad merupakan duplikasi dari kenabian Musa yang dikembangkan secara teologis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Arab saat itu. Al-Qura>n, menurut Wansbrough, adalah konsep yang disusun sebagai teologi Islam tentang kenabian.[1] Pada sub-bab berikutnya akan disinggung bukti-bukti yang dimaksud Wansbrough mengenai “duplikasi” Muhammad pada kenabian Musa.
Dalam sekelumit keteranang di atas, betapa luar biasanya al-Qur’an begitu dasyatnya kajian ilmu al-Qur’an, yang mana tidak hanya muslim yang mengkaji al-Qur’an, bahkan para orientalis pun dengan ikut menyelami dan mendalami bagaimana kajian al-Qur’an.
Namun penulis ada rasa penasaran dan gelisah sebagaimana teori “triadik” yang diluncurkan John Wansbrough, maka dengan rasa kegelisahannya, penulis mencurahkannya dalam sebuah makalah yang berjudul “John Wansbrough”.

B. Biografi John Wansbrough dan Karya-karyanya
John Wansbrough adalah seorang yang terkemuka di London. Ia memulai karir akademiknya tahun 1960. Pada saat itu, ia menjadi staf pengajar di Department Sejarah di School of Oriental and African Studies (SOAS University of London). Ia juga seorang penyuka kajian literatur. Ia banyak meneliti tentang sejarah perdagangan di kawasan Mediterania dan yang berkaitan dengan Yahudi-Arab. Tatkala dirinya meneliti dokumen Zaman Pertengahan dengan fokus pada kajian literatur berbasis produk budaya, di sinilah awal mula ketertarikan Wansbrough dengan studi al-Qura>n.[2]
Mengkaji al-Qura>n bukan perkara mudah. Selain bahasa Arab kaya akan makna, bahasa Arab memiliki warisan sejarah yang panjang, termasuk al-Qura>n sebagai rujukan utamanya. Namun hal ini tidak menghalangi Wansbrough untuk meneliti al-Qura>n. Menurutnya, kekayaan literatur Arab menyerupai literatur Inggris yang menurutnya sangat kaya. Keseriusan wansbrough mempelajari al-Quran dibuktikan dengan menulis beberapa artikel mengenai bahasa Arab, antara lain : 1) A Note on Arabic Rethoric,[3]  2) Arabic Rhetoric and Qur’anic Exegesis,[4]  3) Maja>z al-Qur’a>n : Peripharastic Exegesis,[5] dan buku berjudul,  4) The Sectarian Millieu: Content and Composition of Islamic Salvation History,[6] yang diterbitkan setelah Qur’ani Studiesnya. Ini membuktikan bahwa Wansbrough “sungguh-sungguh” terjun meneliti al-Qura>n karena telah mempersiapkan diri dengan baik dengan menguasai dan mengkaji bahasa Arab.
John Wansbrough dikenal sebagai sarjana Yahudi yang getol mengembangkan madzhab barunya dalam kajian ketimuran dan Afrika di Universitas di mana dia mengabdikan ilmunya.[7]
Ia adalah penulis produktif, terbukti dari banyaknya literatur yang ditulisnya. Salah satunya adalah Qur'anic Studies: Source And Methods of Scriptual Interpretation. Buku ini ditulis John Wansbrough dalam waktu 1968 sampai dengan Juli 1972 dan dicetak tahun 1977 di Oxford University Press.
Karya pertamanya ini menjelaskan sumber-sumber (asal-usul) dan komposisi al-Qur’an, dan tafsir yang dilakukan oleh orang Muslim serta prinsip-prinsip penafsiran al-Qur’an. Karya lainnya adalah The Sectarian Millieu: Content and Composition of Islamic Salvation History, yang ditulis sekitar tahun 1977, tetapi baru diterbitkan pada tahun 1978. Karya keduanya ini, berusaha menggambarkan perkembangan evolusi tema-tema doktrin Islam yang melalui kajian biografi tradisisonal Nabi Muhammad (sira and maghazi) serta melalui kajian doktrin teologi kaum Muslim sebagai komunitas sosial.
Secara umum karya John Wansbrough memberikan kritik yang tajam atas kenabian Muhammad dan al-Qur’an. Kenabiannya dianggap sebagai imitasi (tiruan) dari kenabian nabi Musa as. yang dikembangkan secara teologis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Arab. Al-Qur’an, menurut John Wansbrough bukan merupakan sumber biografis Muhammad, melainkan sebagai konsep yang disusun sebagai teologi Islam tentang kenabian. Oleh karena itu, pemikiran yang dilontarkan John Wansbrough banyak berseberangan dengan pemikir lainnya baik di kalangan orientalis Barat maupun pemikir muslim.[8]
Beberapa Artikel di antaranya adalah: pertama, "A Note on Arabic Rethoric" dalam Lebende Antike: Symposium Fur Rudolf Suhnel, 1967. Kedua, "Arabic Rethoric and Qur'anic Exegesis, BSOAS, xxxi, 1969". Ketiga, dalam Buletin of the School of Oriental and African Studies. Majas al-Quran : Peripharastic Exegesis, BSOAS (Bulletin of the School of Oriental and African Studies), xxxiii, 1970. Melalui ketiga artikel ini, John Wansbrough mencoba menganalisis dan menguji keoriginalitasan bahasa Arab klasik, melalui pendekatan sastra dan linguistik. Ketiga artikel di atas merupakan dasar bagi penulisan karyanya Qur'anic Studies: Source And Methodes of Scriptual Interpretation. Pada tahun 1977 terbit buku ad-Dirasat al-Qur'aniyyah; Mashadir wa Manahij Fi Takwil al-Kitab al-Muqaddas yang ditulis John Wansbrough (1928-2002).
Di buku itu John Wansbrough menerapkan kritik sastra dan kritik bentuk untuk studi al-Qu’ran. Beberapa kesimpulan dari kajiannya tersebut adalah sebagai berikut:
1. Dia berpendapat bahwa struktur al-Qu’ran yang sekarang adalah hasil perkembangan tradisi periwayatan yang kuat mengakar dan telah menganggap tradisi sebagai satuan-satuan yang independen dari wacana kenabian yang diriwayatkan secara oral selama berabad-abad lamanya, dan pada akhirnya menjadi teks undang-undang yang menjadi rujukan.
2. Kanonisasi teks al-Qur’an tidak dikenal pada masa kenabian hingga akhir abad kedua hijriyah.
3. Semua hadith yang tegas terkait pengumpulan al-Qur’an di masa Nabi ditolak dan tidak dapat dipercaya secara historis. Akan tetapi, di belakang semua itu ada tujuan-tujuan tersembunyi yang dibuat oleh ahli fiqih untuk menjelaskan ajaran-ajaran syariat yang tidak ditemukan di dalam teks-teks al-Qur’an atau di sana ada keserupaan dengan eksperimen periwayatan teks-teks Pantekosta yang asli dengan jalan verbalis atau perundangan Taurat berbahasa Ibrani.[9]

C. Historisitas Al-Qur’an dalam Pandangan John Wansbrough
Pada umumnya, gagasan bahwa Yahudi dan Kristen merupakan agama-agama “dalam sejarah” telah diterima oleh banyak kalangan. Pandangan bahwa sejarah merupakan “medan percobaan”, di mana Tuhan melakukan intervensi dalam peristiwa-peristiwa sejarah adalah kebenaran yang paling penting yang dibuktikan oleh kedua agama tersebut, terlepas dari persoalan teologis. Penekanan pada aspek kesejarahan di atas didorong oleh upaya untuk menemukan bukti-bukti yang dapat menunjukkan kebenaran mutlak atau kepalsuan dari sebuah agama. Tentu saja, upaya ini sangat tergantung pada pandangan sejarah tertentu yang digunakan oleh para sejarawan.
Hipotesa bahwa sumber-sumber yang tersedia untuk menjelaskan dasar-dasar historis agama, khususnya kitab suci, yang di dalamnya terdapat data sejarah yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan implikasi-implikasi sejarah yang positif. Dalam hal ini, pendekatan historis berasumsi bahwa motivasi penulis sumber kitab suci adalah sama seperti motivasi sejarawan untuk merekam “apa yang sesungguhnya terjadi.”[10]
Terlepas dari persolan teologis, ilmu modern berusaha mendekati Islam dengan cara yang sama, yang secara tradisional memperlakukan Yahudi dan Kristen sebagai agama sejarah, yaitu agama yang terpancang dalam sejarah. Relevansi dari asumsi ini akan menggiring untuk bersikap sama terhadap sumber-sumber yang tersedia dalam kajian Islam masa awal sebagaimana gambaran sikap terhadap kajian Yahudi dan Kristen.
Dari sumber-sumber ini, setidaknya akan didapatkan rekaman atau data-data yang mendukung untuk menganalisis tentang apa yang sesungguhnya terjadi dalam sejarah. Berkaitan dengan hal tersebut, Islam dalam hal ini, al-Qur’an yang menjadi sumber ajarannya, dalam pandangan para orientalis Barat, memiliki tabir historis yang perlu diungkapkan dalam kajian ini.[11]
Setidaknya terdapat empat pendapat yang berkembang di kalangan orientalis Barat berkaitan dengan asal-usul atau sumber al-Qur’an.
1.      Bahwa asal usul atau sumber genetik al-Qur’an berasal dari tradisi Yahudi.
2.      Bahwa asal-usul atau sumber genetik al-Qur’an berasal dari tradisi Kristen.
3.      Bahwa asal-usul atau sumber genetik al-Qur’an berasal dari kedua tradisi keagamaan Semit, yaitu Yahudi dan Kristen, yang secara serempak mempengaruhinya.
4.      Bahwa latar belakang al-Qur’an Islam adalah milieu Arab, meskipun banyak terdapat unsur-unsur Yahudi-Kristen yang diserap dalam formasi dan perkembangannya.
Berkaitan dengan persoalan tersebut, John Wansbrough berpandangan bahwa historisitas al-Qur’an merupakan sesuatu yang mengada-ada. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa al-Qur’an bukanlah sumber sejarah yang otoritatif, dan tidak cukup menjadi bukti dalam mengungkap sumber dan asal-usul geneologisnya sendiri juga Islam. Skeptisisme Wansbrough ini terutama disebabkan oleh sangat sedikitnya bahan-bahan yang dapat memberikan kesaksian yang “netral” untuk mengkaji Islam pada masa awal, baik kuantitas data arkeologis, bukti numismatik, bahkan dokumen-dokumen yang terkait dengan historisitas al-Qur’an. Bukti-bukti yang berasal dari sumber-sumber di luar komunitas Islam sendiri tidak cukup banyak dan upaya merekonstruksi bahan-bahan tersebut ke dalam kerangka historis menghadapi banyak kesulitan.
Lebih jauh, Wansbrough memandang bahwa semua korpus dokumentasi Islam masa awal sebagai hal yang tidak dapat dipercaya. Semua yang berusaha dibuktikan oleh al-Qur’an, dan apa yang berusaha dijelaskan oleh karya-karya tafsir, sirah dan teologi, adalah bagaimana rangkaian peristiwa dunia yang terpusat pada masa Muhammad diarahkan oleh Tuhan.
Seluruh komponen sejarah ini, yang disebut “Sejarah Penyelamatan Islam”, adalah sarana untuk menyaksikan titik iman yang sama dengan Yahudi dan Kristen, yaitu pemahaman sejarah yang melihat peran Tuhan dalam mengarahkan urusan-urusan manusia. Akan tetapi, sejarah penyelamatan ini, dalam pandangan Wansbrough, tidak dapat membuktikan apa yang sesungguhnya terjadi pada masa awal Islam, melainkan hanya berbentuk sastra yang mempunyai konteks historisnya sendiri. Oleh karena itu, al-Qur’an harus didekati dengan analisis sastra.[12]

D. Persoalan  Kenabian Sebagai Titik Tolak Wansbrough Mengkritik Al-Qur’a>N
Banyak klaim dalam ayat-ayat al-Qura>n yang melegitimasi Muh}ammad sebagai utusan Tuhan, yang menjadi “penutup” para Nabi (QS 33:40) sekaligus “mengkoreksi” ajaran-ajaran terdahulu (QS 5:6 yaitu Taurat, dan QS 3:3 yaitu Taurat dan Injil). Namun, jika dibaca secara “terbalik”,[13] seperti yang dilakukan Wansbrough, yang terjadi justru mendelegitimasi kenabian Muh}ammad. Sebagai contoh, dalam QS 7:157 muncul penegasan bahwa Muh}ammad adalah nabi sekaligus rasul yang termaktub dalam kitab Taurat dan Injil. Karenanya, Wansbrough yakin jika Muh}ammad tak lain adalah seorang “visioner hebat” yang, melalui surah Al A'raaf [7]:157:
tûïÏ%©!$# šcqãèÎ7­Ftƒ tAqߧ9$# ¢ÓÉ<¨Z9$# ¥_ÍhGW{$# Ï%©!$# ¼çmtRrßÅgs $¹/qçGõ3tB öNèdyYÏã Îû Ïp1uöq­G9$# È@ÅgUM}$#ur NèdããBù'tƒ Å$rã÷èyJø9$$Î/ öNßg8pk÷]tƒur Ç`tã ̍x6YßJø9$# @Ïtäur ÞOßgs9 ÏM»t6Íh©Ü9$# ãPÌhptäur ÞOÎgøŠn=tæ y]Í´¯»t6yø9$# ßìŸÒtƒur öNßg÷Ztã öNèduŽñÀÎ) Ÿ@»n=øñF{$#ur ÓÉL©9$# ôMtR%x. óOÎgøŠn=tæ 4 šúïÏ%©!$$sù (#qãZtB#uä ¾ÏmÎ/ çnrâ¨tãur çnrã|ÁtRur (#qãèt7¨?$#ur uqZ9$# üÏ%©!$# tAÌRé& ÿ¼çmyètB   y7Í´¯»s9'ré& ãNèd šcqßsÎ=øÿßJø9$# ÇÊÎÐÈ  
Orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang Ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka.[14] Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Qur’an), mereka Itulah orang-orang yang beruntung.[15]

Ayat di atas, mampu menyajikan fakta yang membuat dirinya seolah ditakdirkan untuk hadir di dunia, sebagai janji Tuhan yang secara khusus ditujukan kepada para Ahli Kitab.[16]
Dalam dua bukunya, yaitu Qur’anic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation dan The Sektarian Milieu: Content and Composition of Islamic Salvation History, John Wansbrough mengemukakan kritik terhadap nilai sumber dari sudut pandang sastra, dengan tujuan untuk melepaskan pandangan teologis dari sejarah dalam melihat asal-usul Islam. Hal ini disebabkan oleh pandangan John Wansbrough tentang tidak adanya kelayakan dalam penggunaan metode kritik historis terhadap sumber-sumber sejarah Islam masa awal tersebut.[17]
Wansbrough mengkritik proses pengangkatan Muh}ammad sebagai nabi yang tidak sama dengan Samuel dan Musa. Hal ini berimplikasi pada adanya kecurigaan Wansborugh pada kenabian Muh}ammad (bi’s|ah Muh}ammad). Wansbrough berkesimpulan ada 3 teori penting tentang kenabian Muh}ammad yang digunakan Muh}ammad untuk melegitimasi dirinya. Ketiga teori ini adalah purification, the beatific vision, dan the ascencion/noctural journey.[18]
Pertama, purification atau penyucian diri adalah dogma Islam akan kesucian “dada” Muh}ammad dari kesalahan, sebagaimana tertuang dalam surah Alam Nasyrah [94] : 1-3.
óOs9r& ÷yuŽô³nS y7s9 x8uô|¹ ÇÊÈ   $uZ÷è|Êurur šZtã x8uøÍr ÇËÈ   üÏ%©!$# uÙs)Rr& x8tôgsß ÇÌÈ  
Bukankah Kami telah melapangkan untuk-Mu dada-Mu?, dan Kami telah menghilangkan dari pada-Mu beban-Mu, yang memberatkan punggung-Mu ?.[19]

Hal ini berimplikasi pada “label” ‘is}mah (kerterhindaran dari berbuat dosa) Muh}ammad yang membuat kenabiannya sempurna. Sebagai bukti nyata, Muh}ammad pernah menolak tawaran kekuasaan dan kekayaan yang ditawarkan kafir Quraysh kepadanya. Ini menjadi bukti ‘ismah Muh}ammad.[20]
Kedua, the beatific vision dipahami sebagai petunjuk langsung Tuhan kepada seorang hamba terpilih dalam bentuk pengindraan-langsung (direct visual perception). Dalam hal ini, Muh}ammad mendapatkan pengetahuan yang tidak biasa yang itu didapatkannya dari Alla>h, sebagaimana dikisahkan dalam surah An-Najm [53]:11-18. Surah At Takwiir [81] : 19-25, dan Surah Al Fath [48] : 27.
$tB z>xx. ߊ#xsàÿø9$# $tB #r&u ÇÊÊÈ   ¼çmtRr㍻yJçFsùr& 4n?tã $tB 3ttƒ ÇÊËÈ   ôs)s9ur çn#uäu »'s!÷tR 3t÷zé& ÇÊÌÈ   yZÏã ÍouôÅ 4ygtFZçRùQ$# ÇÊÍÈ   $ydyYÏã èp¨Zy_ #urù'pRùQ$# ÇÊÎÈ   øŒÎ) Óy´øótƒ nouôÅb¡9$# $tB 4Óy´øótƒ ÇÊÏÈ   $tB sø#y çŽ|Çt7ø9$# $tBur 4ÓxösÛ ÇÊÐÈ   ôs)s9 3r&u ô`ÏB ÏM»tƒ#uä ÏmÎn/u #uŽö9ä3ø9$# ÇÊÑÈ  
Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya.[21] Maka Apakah kaum (musyrik Mekah) hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya? dan Sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha.[22] di dekatnya ada syurga tempat tinggal, (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya Dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.[23]

¼çm¯RÎ) ãAöqs)s9 5Aqßu 5OƒÌx. ÇÊÒÈ   ÏŒ >o§qè% yZÏã ÏŒ ĸöyèø9$# &ûüÅ3tB ÇËÉÈ   8í$sÜB §NrO &ûüÏBr& ÇËÊÈ   $tBur /ä3ç6Ïm$|¹ 5bqãZôfyJÎ/ ÇËËÈ   ôs)s9ur çn#uäu È,èùW{$$Î/ ÈûüÎ7çRùQ$# ÇËÌÈ   $tBur uqèd n?tã É=øtóø9$# &ûüÏYŸÒÎ/ ÇËÍÈ   $tBur uqèd ÉAöqs)Î/ 9`»sÜøx© 5OŠÅ_§ ÇËÎÈ  
Sesungguhnya al-Qur'aan itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan Tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy, yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya. dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah sekali-kali orang yang gila. dan Sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril di ufuk yang terang. dan Dia (Muhammad) bukanlah orang yang bakhil untuk menerangkan yang ghaib. dan al-Qur'aan itu bukanlah Perkataan syaitan yang terkutuk.[24]
ôs)©9 šXy|¹ ª!$# ã&s!qßu $tƒöä9$# Èd,ysø9$$Î/ ( £`è=äzôtGs9 yÉfó¡yJø9$# tP#tysø9$# bÎ) uä!$x© ª!$# šúüÏZÏB#uä tûüÉ)Ïk=ptèC öNä3yrâäâ z`ƒÎŽÅ_Çs)ãBur Ÿw šcqèù$sƒrB ( zNÎ=yèsù $tB öNs9 (#qßJn=÷ès? Ÿ@yèyÚsù `ÏB Èbrߊ šÏ9ºsŒ $[s÷Gsù $·6ƒÌs% ÇËÐÈ  
Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya, tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa Sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil haram, insya Allah dalam Keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut. Maka Allah mengetahui apa yang tiada kamu ketahui dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat.[25]

Ketiga, the ascencion atau mi’ra>j, yaitu proses “naiknya” Muh}ammad ke hadapan Tuhan. Terkait pula di dalamnya adalah Isra>, yaitu perjalanan malam hari, dari Masjid al-H}ara>m menuju Masjid al-Aqs}a>, sebagaimana dikisahkan dalam Surah Al- Israa'[17] : 1.
z`»ysö6ß üÏ%©!$# 3uŽó r& ¾ÍnÏö7yèÎ/ Wxøs9 šÆÏiB ÏÉfó¡yJø9$# ÏQ#tysø9$# n<Î) ÏÉfó¡yJø9$# $|Áø%F{$# Ï%©!$# $oYø.t»t/ ¼çms9öqym ¼çmtƒÎŽã\Ï9 ô`ÏB !$oYÏG»tƒ#uä 4 ¼çm¯RÎ) uqèd ßìŠÏJ¡¡9$# 玍ÅÁt7ø9$# ÇÊÈ  
Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.[26]

Menurut Wansbrough, ada yang harus dicurigai dari fakta Isra> dan Mi’ra>j ini. Selain hanya mencantumkan saksi mata‘abd yang adalah Muh}ammad sendiri (pada QS 17:1), perjalanan isra>pada QS 17:1 juga menyerupai kisah isra>versi Musa dalam al-Qura>n Surah Thaahaa [20] : 77 dan Surah Asy Syu'araa' [26] : 52.
ôs)s9ur !$uZøym÷rr& 4n<Î) #ÓyqãB ÷br& ÎŽó r& ÏŠ$t7ÏèÎ/ ó>ÎŽôÑ$$sù öNçlm; $Z)ƒÌsÛ Îû ̍óst7ø9$# $T¡t6tƒ žw ß#»sƒrB %Z.uyŠ Ÿwur 4Óy´øƒrB ÇÐÐÈ  
Dan Sesungguhnya telah Kami wahyukan kepada Musa: "Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari, Maka buatlah untuk mereka jalan yang kering dilaut itu, kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam)".[27]
* !$uZøym÷rr&ur 4n<Î) #ÓyqãB ÷br& ÎŽó r& üÏŠ$t6ÏèÎ/ /ä3¯RÎ) tbqãèt7­FB ÇÎËÈ  
Dan Kami wahyukan (perintahkan) kepada Musa : "Pergilah di malam hari dengan membawa hamba-hamba-Ku (Bani Israil), karena Sesungguhnya kamu sekalian akan disusuli".[28]

Ayat di atas, sama denganag Bibel (Keluaran 12:29-34).[29] Yang menjadi pertanyaan, apakah ini pada QS 17:1 benar-benar isra>tentang Muh}ammad atau menceritakan isra>Musa?, dengan bukti keterangan tentang Musa pada ayat selanjutnya QS 17:2.[30]
$oY÷s?#uäur ÓyqãB |=»tGÅ3ø9$# çm»oYù=yèy_ur Wèd ûÓÍ_t6Ïj9 Ÿ@ƒÏäÂuŽó Î) žwr& (#räÏ­Gs? `ÏB ÎTrߊ WxÅ2ur ÇËÈ  
Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku.[31]

Ketiga hal di atas tampak seperti “sihir” Muh}ammad. Selain itu, al-Qura>n yang memiliki kemukjizatan “tekstual” (I’ja>z al-Qur’a>n) menambah Wansbrough yakin akan adanya sihir di balik diri Muh}ammad melalui agama yang dibawanya.[32]
Persoalan “meragukan” kenabian Muh}ammad oleh Wansbrough rupanya diikuti oleh beberapa orintalis lain. Dua peneliti Israel, D. Nevo dan Judith Koren, yang wilayah kajiannya berkisar pada bukti-bukti arkeologis dan epigrafis[33] (termasuk saat Arab menjelajah ke seantero dunia), berpendapat cukup ekstrem dengan sebuah tesis bahwa asal muasal agama dan negara di kawasan Arab tidak mengindikasikan adanyakemunculan Islam sampai era kekhalifahan Abbasyiyah.[34] Artinya, dalam pandangan mereka, ada jeda panjang mengenai asal muasal dan awal kemunculan Islam.
Sementara itu, Suliman Bashear, yang concern melakukan kritik atas sumber-sumber Islam, mengatakan bahwa Muh}ammad, yang dalam tradisi Islam dikenal sebagai utusan Tuhan yang membawa agama Islam, “sebagian biografinys” diambil dari seseorang bernama Muh}ammad bin al-Hanifiyya, yang hidup di pertengahan-hingga-akhir abad VII M.31 Pernyataan Bashaer secara implisit mengatakan bahwa figuritas Muh}ammad, selain berasal dari Muh}ammad sendiri, sebagiannya adalah bentukan para penganut ajaran Islam. Pelemahan kenabian Muh}ammad dilanjutkan dengan mendelegitimasi al-Qura>n sebagai kitab suci, yang dalam pandangan Wansbrough al-Qura>n tak lain adalah “alat” legitimasi bagi Muh}ammad, sebagaimana dijelaskan berikut.[35]



E. Analisis John Wansbrough dalam Studi Al-Qur’an dan Pendapat Para Tokoh Mengenai Wansbrough
Tesis yang dikemukakan John Wansbrough banyak mengundang pro-kontra di kalangan para pengkaji yang memiliki otoritas dalam studi al-Qur’an, baik dari kalangan orientalis sendiri maupun dari kalangan Muslim. Akan tetapi, tanpa mengurangi kapasitas para pengkaji yang lain, wacana yang dikemukakan oleh Andrew Rippin dan Fazlur Rahman tampaknya cukup mewakili perdebatan dalam kajian ini.
Secara umum, Andrew Rippin sependapat dengan John Wansbrough. Atas dasar pemikiran bahwa Islam adalah agama dalam sejarah, Rippin membenarkan penggunaan analisis sastra oleh Wansbrough dalam mengkritisi al-Qur’an, sebagaimana juga dipergunakan dalam mengkritisi kitab suci Yahudi dan Nasrani. Hal ini disebabkan oleh posisi Islam yang tidak historis karena tidak ada dukungan berupa bukti ekstra literer dalam data arkeologis yang tersedia. Sumber-sumber berupa teks berbahasa Arab dari kalangan muslim sendiri, lanjut Rippin, terdiri dari literatur-literatur yang ditulis dua abad setelah fakta sejarah terjadi.
Selanjutnya, apa yang dikemukakan Wansbrough berkaitan dengan sumber-sumber Islam masa awal, menurut Rippin, bukanlah hal yang baru. Dalam hal ini Rippin beralasan bahwa Ignaz Goldziher dan Yosepht Schacht telah lebih dulu menyatakan hal demikian. Keduanya memahami bahwa sabda-sabda yang disandarkan kepada Muhammad dan digunakan untuk mendukung posisi hukum atau doktrin dalam Islam sebenarnya berasal dari periode kemudian, dari masa-masa ketika posisi hukum dan doktrin ini sedang mencari dukungan dari apa yang disebut sebagai sunnah.
Sementara dalam menanggapi tesis-tesis John Wansbrough dan pembelaan Andrew Rippin terhadap metode dan hasil yang dicapainya, Fazlur Rahman menyatakan bahwa keampuhan metode historis sebenarnya sudah cukup membuktikan tentang keaslian bahan-bahan historis kaum Muslim, dan pengalihan kepada suatu metode analisa sastra yang murni tidak diperlukan.[36]
Fazlur Rahman juga memberikan kritik terhadap tesis Wansbrough bahwa al-Qur’an merupakan perpaduan berbagai tradisi yang berbeda. Rahman menilai bahwa Wansbrough belum sepenuhnya memahami fenomena substitusi ayat-ayat tertentu dengan ayat-ayat lainnya. Fenomena ini diakui sendiri oleh al-Qur’an dan dinamakan naskh yang berarti substitusi atau penghapusan. Untuk menjadi substitusi harus ada ayat baru sebagai pengganti ayat yang lama. Inilah sebuah keharusan kronologis yang sulit dipertahankan bila al-Qur’an hanya merupakan perpaduan serentak dari berbagai tradisi.
Fazlur Rahman juga menilai bahwa Wansbrough kurang memiliki data-data historis mengenai asal-usul, sifat atau karakter, evaluasi dan person-person yang terlibat dalam apa yang dia sebut sebagai tradisi-tradisi tersebut. Sejumlah persoalan penting dalam al-Qur’an, menurut Fazlur Rahman, hanya dapat dipahami dalam terma-terma kronologis yang terbentang dalam suatu dokumen yang tunggal. al-Qur’an tidak dapat dipahami sebagai sebuah perpaduan unsur-unsur yang berbeda dan bertentangan. Dengan demikian, tesis Wansbrough yang didasarkan pada adanya repetisi dan duplikasi dalam al-Qur’an tidaklah tepat, karena hal tersebut lebih mencerminkan perkembangan tema atau misi kenabian Muhammad dalam tahapan-tahapan kronologisnya.[37]
Berikutnya, pembelaan Rippin yang menyatakan bahwa Wansbrough bukanlah orang pertama yang mempermasalahkan sumber-sumber data Islam yang awal ini pun tidak luput mendapat dikritik dari Fazlur Rahman. Memang benar bahwa Ignaz Goldziher dan Yosepht Schacht telah mendahului Wansbrough, tetapi keduanya mempelopori pendekatan ini dalam hubungannya dengan kritik hadits. Menurut Fazlur Rahman, Ignaz Goldziher dan Yosepht Schacht bersandar pada metode sejarah untuk menunjukkan bahwa hadits-hadits tertentu muncul setelah hadits lainnya. Oleh karena itu, lanjut Rahman, tidak jelas logika apa yang dipakai oleh Rippin untuk menawarkan metode sejarah Goldziher dan Schacht untuk mendukung analisis sastra Wansbrough, karena metode yang terakhir bersifat arbitrer.[38]
Mengenai alasan Rippin tentang adanya beberapa pengkaji yang menekankan latar belakang Arab Islam dengan kontribusi Yahudi dan Kristen, Fazlur Rahman berpendapat bahwa Wansbrough telah melampau batas-batas yang dapat diterima akal dalam memandang al-Qur’an sebagai manifestasi sektarian Yahudi-Kristen sepenuhnya. Pada faktanya, di Arab sendiri.[39]
Terlepas dari perdebatan di atas, perkembangan yang terjadi menunjukkan bahwa metode analisis sastra juga sudah diterapkan oleh sebagian pemikir Muslim. Mohammed Arkoun, misalnya, sangat menyayangkan jika di kalangan Muslim tidak mau mengikuti jejak kaum Yahudi-Kristen. Di samping itu, dia pun menyayangkan bahwa kritik-kritik filsafat tentang teks-teks suci yang telah digunakan kepada Bibel Ibrani dan Perjanjian Baru, sekalipun tanpa menghasilkan konsekuensi negatif untuk ide wahyu terus ditolak oleh pendapat kesarjanaan Muslim. Menurut Mohammed Arkoun, metodologi John Wansbrough, memang sesuai dengan apa yang selama ini ingin dikembangkannya, di mana intervensi ilmiah John Wansborugh cocok dengan framework yang diusulkannya. Framework tersebut memberikan prioritas kepada metode-metode analisa sastra yang, seperti bacaan antropologis-historis, menggiring kepada pertanyaan-pertanyaan dan sebuah refleksi yang hasilnya akan cukup meresahkan bagi kalangan fundamentalis.[40]
Penolakan kalangan Muslim terhadap pendekatan kritis-historis al-Quran, dalam pandangan Mohammed Arkoun, lebih bernuansa politis dan psikologis. Politis karena mekanisme demokratis masih belum berlaku, dan psikologis karena kegagalan pandangan muktazilah mengenai ke-makhluk-an al-Quran dalam ranah ilmu kalam. Padahal, menurut Mohammed Arkoun, mushaf Usmani tidak lain hanyalah hasil sosial dan budaya masyarakat yang kemudian dijadikan ”tak terpikirkan” dan makin menjadi ”tak terpikirkan” karena kekuatan dan pemaksaan penguasa resmi.[41]
Berkaitan dengan apa yang diusahakan oleh Nasr Hamid Abu Zayd seorang intelektual asal Mesir, Mohammed Arkoun menyayangkan sikap para ulama Mesir yang menghakimi Nasr Hamid Abu Zayd tersebut. Padahal metodologi Nasr Hamid Abu Zayd, menurut Mohammed Arkoun, memang sangat layak untuk diaplikasikan kepada al-Quran. Nasr Hamid Abu Zayd berpendapat bahwa al-Quran sebagai sebuah teks dapat dikaji dan ditafsirkan bukan hanya oleh kaum Muslim, tetapi juga oleh Kristen maupun ateis. Al-Quran adalah teks linguistik-historis-manusiawi yang berkembang dalam tradisi Arab.[42]

E. Kesimpulan
John Wansbrough adalah seorang yang terkemuka di London. Ia memulai karir akademiknya tahun 1960. Pada saat itu, ia menjadi staf pengajar di Department Sejarah di School of Oriental and African Studies (SOAS University of London). Ia juga seorang penyuka kajian literatur. Ia banyak meneliti tentang sejarah perdagangan di kawasan Mediterania dan yang berkaitan dengan Yahudi-Arab. Tatkala dirinya meneliti dokumen Zaman Pertengahan dengan fokus pada kajian literatur berbasis produk budaya, di sinilah awal mula ketertarikan Wansbrough dengan studi al-Qura>n.
John Wansbrough menerapkan kritik studi al-Qur’an, diantaranya:
1. Dia berpendapat bahwa struktur al-Qu’ran yang sekarang adalah hasil perkembangan tradisi periwayatan yang kuat mengakar dan telah menganggap tradisi sebagai satuan-satuan yang independen dari wacana kenabian yang diriwayatkan secara oral selama berabad-abad lamanya, dan pada akhirnya menjadi teks undang-undang yang menjadi rujukan.
2. Kanonisasi teks al-Qur’an tidak dikenal pada masa kenabian hingga akhir abad kedua hijriyah.
Wansbrough berkesimpulan ada 3 teori penting tentang kenabian, diantaranya :
a). Purification atau penyucian
b). Sebagai petunjuk langsung Tuhan kepada seorang hamba terpilih dalam bentuk pengindraan-langsung
c). the ascencion atau mi’ra>j, yaitu proses “naiknya” Muh}ammad ke hadapan Tuhan

Selanjutnya, menurut Fazlur Rahman hanya dapat dipahami secara kronologis dan antara satu dengan yang lainnya merupakan keutuhan. Dalam memperkuat argumennya Rahman memberikan ilustrasi tentang mukjizat dan komunitas yang berkembang akibat perbedaan waktu. Oleh karena itu, tesis John Wansbrough tersebut dibangun berdasarkan duplikasi dan repetisi dalam al-Qur’an.
Selanjutnya masih menurut Rahman, dalam menganalisis al-Qur’an tentang versi kisah Syu’aib, Wansbrough tidak menghayati tentang bentuk-bentuk kisah al-Qur’an. Adanya kisah-kisah yang berbeda itu merupakan suatu I’jaz tersendiri bagi al-Qur’an dan pengulangannya menunjukkan arti tersendiri. Pada masalah inilah kiranya Wansbrough sendiri belum mampu menghayati pendekatan fenomenologisnya, meskipun ia telah membaca teorinya.
Sependapat dengan M. al-Fatih Suryadilaga, lahirnya tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh John Wansbrough di atas tidak didasari atas pemahaman Islam yang utuh. Oleh karena itu, pemikiran-pemikiran yang semacam ini dan yang berkembang banyak di kalangan Barat (orientalis) cenderung menimbulkan berbagai konflik antar agama.
Namun demikian, bagi umat Islam pun seharusnya tidak menjadi sang pengadil bagi penganut lainnya, lebih-lebih bila orang tersebut belum mengetahui benar ajaran agama lain untuk mampu melepaskan baju ideologis diri sendiri karena bisa saja hal itu menjadi seperti apa yang digagas Wansbrough layak disebut bom atomnya Yahudi-Ktisten atas Islam sebagaimana pemikir Islam yang telah membabat berbagai ketimpangan Kristen.








                            Daftar Pustaka
Arif Junaidi Ahmad, Analisis Sastra Al-Quran, Studi pemikiran John Wansbrough tentang otentitas Redaksi final Al-Quran), pusat penelitian IAIN Walisongo Semarang, 2002.

Arkoun Mohammed. terj. Machasin, Berbagai Pembacaan Qur’an, (Jakarta: INIS, 1997.
C. Martin Richard, Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama, (Surakarta: Muhammadiyyah University, 2002.

Fazlur Rahman. terj. Anas Mahyuddin, Tema Pokok Al-Qur’an, Bandung: Pustaka, 1996.
Hadjati Moely, Metodologi Analisis Sastra John. . http://blogspot.co.id. 01, 2014.
Himpian Sang perai.blogspot.com diunduh 17.36, 13 Nopember 2013.
Pesantren Sastra.blogspot.com diunduh 17.40 13 Nopember 2013.
Rippin, Andrew, terj. Zakiyuddin Bhaidawy, “Analisis Sastra Terhadap Al-Qur’an, Tafsir, dan Sirah: Metodologi John Wansbrough”, dalam Richard C. Martin, Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2002.

Salim Fahmi, Kritik Terhadap Studi Al-Quran Kaum Liberal, Jakarta : Kelompok Gema Insani, 2010.

Sang Perai Himpian.blogspot.com diunduh 17.36, 13 Nopember 2013.

Segovia Carlos A, “John Wansbrough and The Problem of Islamic Origins in Recent Scholarship: A Farewell to The Traditional Account” dalam Carlos A. Segovia dan Basil Lourié, The Coming of The Comforter: When, Where. And to Whom?; Studies on the Rise of Islam and Various Other Topics in Memory of John Wansbrough (tanpa keterangan kota penerbit, penertbit, dan tahun terbit.

Suryadilaga Alfatih, “Pendekatan Historis John Wansbrough dalam Studi al-Qur’a>n” dalam Abdul Mustaqim dan Sahiron Syamsuddin, Studi al-Qur’an Kontemporer : Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir (Jogjakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 2002), 213. Dikutip kembali oleh Ahmad Fathurrohman, Menelaah Pemikiran John Wansbrough Tentang Muh}Ammad, Al-Qur’a>N, Dan Islam, Yogyakarta : Dalam Makalah Kajian Al-Qur’a>n Orientalis, Program Studi Agama Dan Filsafat Konsentrasi Studi Qur’An dan Hadis Program Pascasarjana Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.

Wansbrough John, Qur’anic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation, New York: Prometheus Books, 2004.

Wansbrough John, “A Note on Arabic Rhetoric”,  Berlin, Labende antike: Symposion für Rudolf Sühnel, 1967.
Wansbrough John, “Arabic Rhetoric and Quranic Exegesis”, Bulletin of The School of Oriental and African Studies, 1968.

Wansbrough John, “Maja>z al-Qura>n: Peripharastic Exegesis”, Bulletin of The School of Oriental and African Studies, 1970.

Wansbrough John, The Sectarian Millieu: Content and Composition of Islamic Salvation History, Oxford: Oxford University Press, 1978.













[1] Alfatih Suryadilaga, “Pendekatan Historis John Wansbrough dalam Studi al-Qur’a>n” dalam Abdul Mustaqim dan Sahiron Syamsuddin, Studi al-Qur’an Kontemporer : Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir (Jogjakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 2002), 213. Dikutip kembali oleh Ahmad Fathurrohman, Menelaah Pemikiran John Wansbrough Tentang Muh}Ammad, Al-Qur’a>N, Dan Islam (Yogyakarta : Dalam Makalah Kajian Al-Qur’a>n Orientalis, Program Studi Agama Dan Filsafat Konsentrasi Studi Qur’An dan Hadis Program Pascasarjana Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013), 5.

[2] John Wansbrough, Qur’anic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation (New York: Prometheus Books, 2004), xiii.
[3] John Wansbrough, “A Note on Arabic Rhetoric”, (Berlin, Labende antike: Symposion für Rudolf Sühnel, 1967), 55-63.
[4] John Wansbrough, “Arabic Rhetoric and Quranic Exegesis”, (Bulletin of The School of Oriental and African Studies, 1968), volume xxxi, 469-485.
[5] John Wansbrough, “Maja>z al-Qura>n: Peripharastic Exegesis”, (Bulletin of The School of Oriental and African Studies, 1970), volume xxxiii, 247-266.
[6] John Wansbrough, The Sectarian Millieu: Content and Composition of Islamic Salvation History (Oxford: Oxford University Press, 1978).
[7] Ahmad Arif Junaidi, Analisis Sastra Al-Quran (Studi pemikiran John Wansbrough tentang otentitas Redaksi final Al-Quran), pusat penelitian IAIN Walisongo Semarang, 2002), 17.
[8] Sang Perai Himpian.blogspot.com diunduh 17.36, 13 Nopember 2013.
[9] Fahmi Salim, Kritik Terhadap Studi Al-Quran Kaum Liberal (Jakarta : Kelompok Gema Insani, 2010), 198-199.
[10] Richard C. Martin, Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama, (Surakarta: Muhammadiyyah University, 2002), 201.
[11] Sastra Pesantren.blogspot.com diunduh 17.40 13 Nopember 2013.

[12] Ibid,...
 [13] Terbalik yang dimaksud adalah seperti kita berdiri di hadapan cermin, benda yang sama akan memantulkan “fakta” yang terbalik, yang tentu berbeda dari aslinya.
[14] Maksudnya: dalam syari'at yang dibawa oleh Muhammad itu tidak ada lagi beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil. Umpamanya: mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat, mewajibkan kisas pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa membolehkan membayar diat, memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau menggunting kain yang kena najis.
[15] Surah Al A'raaf [7]:157.
[16] Wansbrouh memuji “efek” ayat tersebut dengan “...the search for proof-texts (testimonia) wasnotably successful.” John Wansbrough, Qur’anic Studies…, h. 63.
[17] Richard, Pendekatan Kajian Islam dalam,... 204.
      [18] John Wansbrough, Qur’anic Studies…, 66.
[19] Surah Alam Nasyrah [94] : 1-3.
      [20] Ibid,... 66-67.
[21] Ayat 4-11 menggambarkan Peristiwa turunnya wahyu yang pertama di gua Hira.
[22] Sidratul Muntaha adalah tempat yang paling tinggi, di atas langit ke-7, yang telah dikunjungi Nabi ketika mi'raj.
[23] Surah An Najm [53]:11-18.

[24] Surah At Takwiir [81] : 19-25.
[25] Surah Al Fath [48] : 27.
[26] Surah Al Israa'[17] : 1.
[27] Surah Thaahaa [20] : 77.
[28] Surah Asy Syu'araa' [26] : 52.
[29] Perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain yang “dibantu” Tuhan juga terjadi pada Nabi Ilya>s (Elijah), sebagaimana terekam dalam I Kings 18:12, II Kings 2:11, Ezekiel 2:12, 8:3, 11:1, dan 43:5. John Wansbrough, Qur’anic Studies…, hlm. 68.
[30] John Wansbrough, Qur’anic Studies…, 68.
[31] Surah Al Israa'[17] : 2.
[32] Bagian i’ja>z al-qur’a>n sengaja tidak dijelaskan di sini karena ditakutkan penjelasan kemukjizatan al-Qura>n akan mengaburkan fokus pembaca dalam makalah ini. Karenanya, pembaca dapat merujuk ke tulisan aslinya. Rujuk John Wansbrough, Qur’anic Studies…, h. 79-84.
[33] Arkeologi: ilmu yang mempelajari kehidupan dan kebudayaan zaman kuno berdasarkan benda peninggalannya, dinamakan juga “ilmu purbakala”. Epigrafi: kajian tulisan kuno pada prasasti. Sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia.
[34] Carlos A. Segovia, “John Wansbrough and The Problem of Islamic Origins in Recent Scholarship: A Farewell to The Traditional Account” dalam Carlos A. Segovia dan Basil Lourié, The Coming of The Comforter: When, Where. And to Whom?; Studies on the Rise of Islam and Various Other Topics in Memory of John Wansbrough (tanpa keterangan kota penerbit, penertbit, dan tahun terbit), hlm. xxv.
[35] Ahmad Fathurrohman, Menelaah Pemikiran,... 9.

[36] Ibid,...
[37] Rahman Fazlur. terj. Anas Mahyuddin, Tema Pokok Al-Qur’an, (Bandung: Pustaka, 1996).

[38] Rippin, Andrew, terj. Zakiyuddin Bhaidawy, “Analisis Sastra Terhadap Al-Qur’an, Tafsir, dan Sirah: Metodologi John Wansbrough”, dalam Richard C. Martin, Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama,  (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2002).

[39] Ibid,...
[40] Mohammed Arkoun. terj. Machasin, Berbagai Pembacaan Qur’an, (Jakarta: INIS, 1997).
[41] Ibid,...
[42] Ibid,...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar